Kandungan gizi dan Manfaat Jagung

By RuangResep | Kandungan gizi dan Manfaat Jagung – Biji jagung kaya akan kandungan karbohidrat. Kandungan karbohidrat dapat mencapai 80% dari seluruh bahan kering biji. Karbohidrat dalam bentuk pati umumnya berupa campuran amilosa dan amilopektin. Sebagian besar berada pada endospermium. Pada jagung ketan, sebagian besar atau seluruh patinya merupakan amilopektin. Jagung manis diketahui mengandung amilopektin lebih rendah tetapi mengalami peningkatan fitoglikogen dan sukrosa.

Kandungan gizi Jagung /100 gram bahan:
a. Kalori : 355 Kalori
b. Protein : 9,2 gr
c. Lemak : 3,9 gr
d. Karbohidrat : 73,7 gr
e. Kalsium : 10 mg
f. Fosfor : 256 mg
g. Ferrum : 2,4 mg
h. Vitamin A : 510 SI
i. Vitamin B1 : 0,38 mg
j. Air : 12 gr

Manfaat :
a. Jagung memberi manfaat banyak bagi kesehatan, terutama ibu hamil dan bayinya, jagung juga bermanfaat dalam pencegahan cacat tabung saraf saat bayi lahir. Konsumsi jagung pada wanita hamil, menyediakan sumber yang kaya asam folat. Kekurangan asam folat pada wanita hamil mempengaruhi bayi. Kurangnya asam folat dalam tubuh mempengaruhi berat badan bayi. Jagung manis bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil dan bayi. Ini mencegah bayi kekurangan berat badan dan menghindari dari cacat lainnya.
b. Menurunkan hipertensi.
c. Jagung sangat baik dalam mengontrol diabetes.
d. Pencegahan penyakit jantung, menurunkan hipertensi
e. Memperbaiki pencernaan. Jagung memiliki banyak serat yang merupakan keuntungan besar untuk pencernaan. Hal ini dapat mencegah sembelit, wasir, dan bahkan menurunkan risiko kanker usus besar.
f. Kaya mineral. Jagung mengandung sebagian besar magnesium, tembaga besi, dan yang paling penting fosfor, yang diperlukan untuk kesehatan tulang. Nutrisi ini tidak hanya mencegah tulang Anda dari retak karena Anda bertambah tua, tapi juga meningkatkan fungsi ginjal.
g. Merawat kulit. Jagung juga kaya akan antioksidan, yang membantu dalam menjaga kulit agar awet muda. Selain dikonsumsi sebagai makanan, dapat juga digunakan minyaknya yang merupakan sumber yang kaya asam linoleat. Tepung jagung juga berguna untuk meredakan iritasi pada kulit.
h. Mencegah anemia. Anemia merupakan suatu kondisi dimana jumlah sel darah merah berkurang jauh karena kurangnya zat besi. Dengan demikian, jagung manis bermanfaat bagi kesehatan karena kaya akan vitamin B dan asam folat yang mencegah anemia.
i. Mengontrol kolesterol. Vitamin C, karotenoid dan bioflavinoids yang terkandung dalam jagung manis menjaga jantung Anda tetap sehat dengan mengendalikan kadar kolesterol dan meningkatkan aliran darah dalam tubuh.
(Kolesterol adalah zat yang diproduksi oleh hati. Ada dua jenis kolesterol, kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Peningkatan kolesterol jahat karena asupan makanan berlemak melemahkan hati Anda dan juga dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular.)

RuangResep-SteamedSweetCorn

Sumber : Berbagai sumber. internet

About these ads

4 thoughts on “Kandungan gizi dan Manfaat Jagung

  1. Pingback: Cara Menyimpan Jagung Muda | ruangresep

  2. Pingback: CORN BREAD | ruangresep

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s