Kandungan dan Manfaat Cabe Merah

By RuangResep | Jalan-jalan ke Kintamani, Bali – Waktu mendapat informasi bahwa kantor tempat saya bekerja akan mengadakan acara outing ke Kintamani, saya menyambutnya dengan suka cita. Sudah lama sekali saya ingin berkunjung ke Desa Trunyan dan kunjungan ke sana menjadi salah satu agenda acara outing. Hmmm…. Kesempatan buat saya nih buat hunting foto.
Desa Trunyan memiliki pesona yang menarik dengan adanya pemakaman yang unik. Alam yang indah dibingkai gunung berapi yang masih aktif dan dihiasi danau terluas di Bali membuat pesonanya tetap memukau.
Walaupun saya sudah pernah ke makam Desa Trunyan beberapa tahun lalu, tapi saat itu baru pertama kalinya saya berkunjung ke Desa Trunyan melalui jalur darat. Hmmmmm…
Perjalanan ke Desa Trunyan sangat menantang karena akses ke desa tersebut hanya 1 jalan dan hanya muat 1 kendaraan. Ditambah lagi dengan kondisi jalannya yang berliku-liku. Mobil yang kami tumpangi sempat mengalami kesulitan untuk menanjak. Hiiiiii…… Banyak komat-kamit berdoa deh.
Tapi perjalanan jauh dan menantang terbayar dengan rasa puas menikmati alam yang indah.
Saat teman-teman lain masih asyik dengan trekking, saya sempatkan untuk menghampiri salah satu keluarga petani cabe merah saat saya dalam perjalanan balik dari trekking.
Tak tahan saya untuk ikut memetik buah cabe yang merah ranum dan segar serta foto-foto bersama keluarga petani.

Ruang Resep - Cabe Merah Kintamani 3
Cabe merah (Capsicum annuum L.) mengandung vitamin C yang sangat tinggi lho. Zat capsaicin yang terkandung di dalamnya juga bermanfaat dalam mengendalikan penyakit kanker dan juga mengandung Lasparaginase yang juga berfunsi sebagai zat antikanker. Selain itu juga mengandung vitamin A. Manfaat cabe merah yang lain juga bisa membantu dalam melawan radang. Vitamin-vitamin yang terkandung dalam cabe merah memberi manfaat dalam membantu tubuh untuk meningkatkan daya kekebalan tubuh. Menkomsumsi cabe merah juga menjaga sistem peredaran darah serta organ jantung. Tidak hanya itu, dengan mengkonsumsi cabe merah tubuh kita akan menjadi panas. Efek panas ini bisa membantu kita untuk menjaga berat badan lho dan cabe merah juga membantu melancarkan pencernaan dan metabolism tubuh. Banyak banget kan manfaatnya????
Saya pun tidak ragu lagi untuk beli cabe merah dan sudah punya ide buat masak bumbu dasar siap saji. Resepnya bisa dilihat di sini -> Bumbu Dasar 1.

Ruang Resep - Cabe Merah Kintamani 2

2 thoughts on “Kandungan dan Manfaat Cabe Merah

  1. Terimakasih atas informasinya yang sangat lengkap dan bermanfaat…
    Waah ternyata cabai memiliki beragam manfaat yang sangat baik bagi tubuh yaaa…
    Seperti yang sudah dijelaskan diatas, kandungan vitamin c pada cabai memang cukup tinggi, karenanya cabai dapat memenuhi kebutuhan vitamin c harian tubuh. Selain itu dari beberapa artikel yang saya baca menyebutkan bahwa cabai juga dapat membantu mencegah dan mengatasi sariawan🙂

Leave a Reply

